Puisi

7.11.20

Ini Cara Public Relation Menebar Semangat di Tengah Masa Krisis



SITUASI krisis seperti saat ini menjadi ujian paling berharga bagaimana lembaga kehumasan sebuah perusahan mampu mengimplementasikan strategi, kiat, taktik maupun model komunikasi yang selama ini dipelajari dari berbagai literatur dan pelatihan yang pernah dilakukan.


Wabah penyebaran virus corona (COVID 19) yang melanda dunia termasuk Indonesia benar-benar mengguncang, bukan saja sistem sosial kesehatan sebuah negara tapi juga dampaknya sangat memurukkan pergerakan ekonomi dan bisnis.

Krisis ini benar-benar luput dari prediksi baik pemerintahan maupun dunia usaha. Sebuah musibah yang datang tanpa memberi kita kesempatan menyusun langkah-langkah strategis untuk mengantisipasinya.

Dengan demikian mau tak mau lembaga kehumasan menjadi tumpuan paling penting dalam usahanya membangun ruang-ruang komunikasi yang punya dampak, paling tidak meminimalisir munculnya keresahan baik di internal maupun eksternal perusahaan.

Adapun langkah-langkah strategis dan taktis yang bisa diupayakan oleh lembaga kehumasan adalah:

Pertama, menyiapkan standar prosedur managemen crisis terkait komunikasi dan hubungan dengan publik, baik itu stakeholder maupun konsumen pelanggan.

Kedua, membentuk gugus tugas kehumasan untuk menyusun strategi komunikasi efektif saat-saat kritis.

Disinilah diperlukan sumber daya manusia yang handal, punya esensi kepekaan dan mampu menginventaris serta program agenda-agenda kegiatan ke depan yang dinilai bisa menenangkan serta membangun suasana optimis, baik di internal maupun eksternal perusahaan.

Ketiga, terus melakukan koordinasi dengan setiap bagian, unit serta top maganemen untuk merancang, melakukan konsultasi terkait semua potensi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Keempat, mengoptimalkan media sosial sebagai medium untuk terus mensosialisasikan kegiatan, membangun komunikasi optimis serta membuka ruang interaksi efektif dengan publik. (*)